10.10 Deals 3 days lagi

Promo paling SADIS bulan ini!

Ambil Promonya
27 May 2023

Apa arti Pcs di jual beli online? Dan Gimana Cara Baca Pcs? Ini lho Jawabannya!

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!

Saat kamu belanja online baik marketplace atau di sosial media, kamu pasti menemukan istilah "pcs" atau "pc". Misalnya 1 pcs masker, 6 pcs kaos dan lain-lain. Nah, tapi sebenarnya apa sih arti pcs dalam penjualan? Yuk kita bahas!

Dikutip dari wiktionary, arti kata pcs dalam jual beli berarti singkatan dari "pieces". Ini adalah bentuk jamak dari kata tunggal "piece" yang berarti bagian, sebuah, sepotong, atau satuan jumlah.

Ini artinya, 1 pcs sama dengan 1 biji atau satu buah atau 1 lembar atau 1 potong dan ukuran lainnya.

Kata pcs tau pc sebenarnya gak cuman digunaka dalam jual beli. Ketika kamu ingin menyebutkan jumlah suatu barang, maka kamu bisa menggunakan kata pcs sebagai satuannya.

Contoh Penggunaan Kata Pcs

  • 1 pcs maskert berarti 1 buah masker
  • 1 box isi 10 pcs berarti dalam 1 box berisi 10 buah barang
  • Dijual paketan isi 6 pcs. Berarti dalam 1 paket isinya 6 barang

Cara Membaca Pcs atau Pengucapan Pcs

Nah, setelah tahu artinya sekarang gimana cara baca pcs? Karena kadang-kadang kita gak cuma di chat WA atau di online saja mau menyebutkan jumlah barang. Mungkin pas kita ngobrol langsung juga bisa ketemu dengan istilah pcs ini.

Supaya gak salah ngucapinnya, berikut ini adalah video bagaimana cara membaca kata pcs yang benar.

Persamaan (Konversi) Ukuran Jumlah Lain ke Pcs

Gak lengkap rasanya kalau kita gak sekalian membahas persamaan ukuran jumlah barang lainnya ke satuan Pcs. Yuk kita bongkar satu per satu!

1 gross berapa pcs?

1 gross barang sama dengan 12 lusin atau 144 pcs

1 lusin berapa pcs?

1 lusin barang sama dengan 12 pcs

1 kodi berapa pcs?

1 kodi barang sama dengan 20 pcs

1 karton berapa pcs?

1 karton atau 1 dus barang bisa berisi jumlah yang berbeda, tergantung ukuran karton dan barang yang dikemas. Tapi banyak ukuran umum 1 karton berisi 20 pcs, 24 pcs, 36 pcs, 40pcs atau 48 pcs.

1 koli berapa pcs?

Hampir mirip dengan satuan karton, 1 koli barang isinya bisa beda-beda. Tapi yang pasti, ukuran 1 koli adalah ukuran 1 kemasan barang kiriman, atau paket. Misalnya dalam satu truk ada 5 karung barang, dan 15 peti, kita bisa menyebutnya ada 20 koli di dalam truk.

1 bal berapa pcs?

Ukuran 1 bal biasanya sama dengan 1 karung barang. Dan 1 karung berapa pcs? Tentunya bisa beda-beda tergantung ukuran karung dan ukuran barang yang dimasukkan

Semoga dengan artikel singkat ini, sekarang kamu gak bingung lagi ya tentang apa itu "pcs" baik artinya, singkatannya, penggunaannya dalam belanja online dan juga cara membacanya yang benar.

Salam hemat :)

Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!