10.10 Deals 3 days lagi

Promo paling SADIS bulan ini!

Ambil Promonya
30 Nov 2022

BNIB vs BNWB: Beli Yang Mana? Ini Penjelasan Arti dan Perbedaan BNIB BNWB

Perbedaan BNWB dan BNIB

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!

Kalau kamu sering belanja online, pasti sering dengar 2 istilah ini. BNIB dan BNWB. Terus apa beda dari kedua singkatan ini? Yuk kita kupas tentang apa itu BNIB dan BNWB!

Apa itu BNIB?

Perbedaan BNIB dan BNWB dan arti BNIB BNWB

Kepanjangan BNIB adalah Brand New In the Box. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia berarti Barang Baru di Dalam Dus ( Boks).

Istilah ini umumnya digunakan oleh penjual yang menjual barang-barang baru yang masih segel. Istilah BNIB ini adalah klaim dari penjual bahwa produk masih baru dan masih di dalam kotak kardus aslinya. Istilah BNIB ini juga jadi salah satu bentuk klaim bahwa barangnya adalah asli sesuai dengan barang resmi dari pabrikan.

Penggunaan istilah BNIB bisa dipakai untuk barang apa saja. Misalnya ponsel baru BNIB, sepatu atau sneakers, atau barang elektronik.

Rekomendasi Produk
Sepatu ORI BNIBSepatu ORI BNIBRp 419.000

Arti singkatan BNWB

Beda tipis dengan BNIB di atas, istilah BNWB juga dipakai untuk mengacu pada barang yang masih baru tapi dijual tanpa box kardus.

Ya! Barang BNWB adalah barang yang pada paket penjualannya tidak menyertakan kardus atau box kemasan aslinya.

BNWB adalah singkatan dari Brand New Without Box atau ada juga yang mengartikan Brand New With Replace Box. Jika di-Bahasa Indonesia-kan artinya Barang Baru Tanpa Kardus atau Barang Baru Dengan Kardus Pengganti.

Sesuai dengan arti istilah di atas, maka BNWB ini bisa mengacu pada barang baru yang dijual tanpa box kemasan sama sekali atau barang baru yang dijual dengan kardus tapi bukan kardus aslinya.

Nah, sekarang yang jadi pertanyaan; "Barang baru tanpa kardus? Kok bisa?"

Dikutip dari berbagai sumber, jadi barang BNWB ini adalah barang asli pabrikan yang belum rilis atau belum resmi diluncurkan. Sehingga dijual tanpa dus resmi. Istilah gampangnya, BNWB adalah barang hasil bocoran atau barang contoh yang dijual.

Istilah BNWB ini lebih sering digunakan untuk produk-produk sneakers atau sepatu secara umum. Baik di online marketplace ataupun Instagram dan platform lain.

Rekomendasi Produk
Sepatu BNWB di ShopeeSepatu BNWB di ShopeeRp 175.000

Beli BNIB atau BNWB?

Barang BNWB memang mungkin lebih murah harga jualnya. Dengan klaim barang baru, pastinya ini menarik banget untuk dibeli.

Tapi, kamu perlu berhati-hati. Meskipun barang BNWB diklaim sebagai barang baru asli sesuai pabrikan, tapi bukan tidak mungkin barang tersebut imitasi. Apalagi jika kamu termasuk yang belum bisa membedakan barang asli original dan KW dengan teliti.

Sedangkan jika kamu termasuk orang yang teliti dan tahu apa cirinya barang ori terutama hanya via gambar di postingan IG atau marketplace. Maka beli barang BNWB ini bisa jadi peluang menghemat.

Kesimpulan

Apa itu BNIB?

BNIB adalah barang baru yang dijual dengan kardus aslinya. Persis seperti yang dijual di toko resmi produk tersebut. Jika kamu beli produk BNIB artinya kamu beli produk baru yang asli, tanpa gak perlu terlalu khawatir dapetin barang palsu atau kw. Asalkan, kamu belinya di toko yang kredibel.

Apa itu BNWB?

BNWB adalah barang baru atau barang bocoran yang dijual tanpa kardus kemasan aslinya. Bisa tanpa kardus sama sekali, atau pakai kardus produk lain.

Lebih baik beli BNWB atau BNIB?

Tergantung masing-masing. Jika mau hemat dan bisa membedakan dengan baik barang ori cuma melalui gambar, maka beli BNWB bisa jadi opsi paling menguntungkan. Karena jelas harganya lebih murah, tapi tetap dapat barang branded atau barang original.

Tapi kalau kamu mau cari aman, beli barang BNIB bisa jadi pilihan yang bijak.

Replace Box artinya apa?

Replace box artinya dus atau kemasan sepatu yang kamu beli adalah dus pengganti, bukan dus asli bawaan pabrik. Mungkin bisa aja dusnya tetap tipe sepatu yang sama, tapi beda nomor serinya. Yang pasti bukan digantu kardus Indomie ya... hehehe..

Apakah BNIB itu original?

Jawabannya tergantung ya.. Secara bahasa BNIB artinya barang baru yang dijual dalam kardus, jadi gak ada hubungannya sama sekali dengan barang ori atau bukan.

Tapi, dalam istilah jual beli biasanya memang BNIB ini dipakai buat lebih meyakinkan pembeli online bahwa barang yang dijual oleh seller itu masih segelan, masih dalam box. Dan biasanya mengacu ke barang original ( meskipun gak selalu ya, tergantung case-nya)

Apakah BNWB itu original?

Ini juga tergantung. Klaim dari penjual bisa aja bilang barang original. Tapi balik lagi, kamu harus cukup jeli dan bisa membedakan barang ori dari gambarnya. Dan pastikan jangan mudah tergiur dengan harga miring yang ditawarkan. Selalu bijak sebelum belanja.

Semoga bermanfaat :)

Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!