10.10 Deals 4 days lagi

Promo paling SADIS bulan ini!

Ambil Promonya
18 Jul 2024

Cara Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Panduan cara membuat email dengan domain sendiri

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!

Jika kamu adalah seorang pebisnis atau profesional, membuat email dengan domain sendiri dapat membantu meningkatkan kredibilitas kamu. Sehingga sangat penting untuk mempunyai email profesional atau email bisnis.

Alih-alih menggunakan alamat email seperti ini [email protected], maka akan lebih profesional jika menggunakan email [email protected].

Email dengan domain sendiri seperti ini sangat cocok digunakan untuk keperluan broadcast marketing, atau autoresponder.

Membuat email dengan domain sendiri sebenarnya sangat mudah. Ada banyak layanan dan metode yang bisa digunakan agar kamu bisa memiliki email profesional dengan domain sendiri.

Tapi di tulisan ini Sadiskon akan membahas salah satunya saja. Cara yang menurut kami paling mudah, praktis dan simpel tanpa banyak hal teknis, bahkan buat pemula sekali pun.

Membuat Email Dengan Domain Sendiri

Sebelum memulai membuat email dengan domain sendiri, sebaiknya luangkan waktu kurang lebih 20-30 menit untuk persiapan dan proses pembuatannya.

Yang Perlu Dipersiapkan

Supaya proses membuat email dengan domain sendiri berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Berikut ini detailnya:

  1. Domain. Yang pertama harus dipersiapkan adalah kamu harus mempunyai sebuah domain. Ini syarat wajib untuk membuat email dengan domain sendiri.

Jika belum punya domain, kamu dapat membelinya di provider hosting lokal. Beberapa rekomendasi di antaranya adalah Dewaweb dan IDCloudhost.

Kamu cukup membeli domain saja, tidak perlu hostingnya.

  1. Akun Email Gmail atau Yahoo (Email Pribadi). Akun email pribadi ini digunakan untuk mendaftar saat pembelian domain dan pendaftaran layanan email dengan domain sendiri.
  2. Koneksi Internet Yang Stabil. Koneksi internet yang stabil diperlukan terutama agar ketika melakukan konfigurasi atau pun pengisian form berjalan lancar. Internet stabil dengan kecepatan minimal 2 Mbps sudah cukup, misalnya dengan tethering dari ponsel Android.

Emailkerja.id

Untuk membuat email perusahaan dengan domain sendiri, kita bisa memanfaatkan layanan dari website emailkerja.id. Alasan menggunakan layanan emailkerja.id adalah untuk mempercepat dan mempermudah jika dibanding dengan metode lainnya.

Kelebihan EmailKerja.id

Selain itu ada sejumlah kelebihan menggunakan layanan emailkerja.id, di antaranya:

  • Tidak perlu memikirkan konfigurasi dan perawatan serve email yang lumayan ribet.
  • Termasuk storage atau penyimpanan online mulai dari 65 GB.
  • IP Pengirim terpercaya, sehingga kecil kemungkinan email dianggap Spam.
  • Bisa membuat banyak alamat email tanpa batas alias unlimited dalam satu domain. Misalnya [email protected], [email protected] dan lain-lain.
  • Ada unlimited sub account. Cocok jika kita punya klien.
  • Bisa broadcast internal ke banyak alamat dalam satu domain dengan fitur open tracking. Sehingga bisa tahu siapa saja yang baca emailnya, dan siapa yang belum.
  • Pembayarannya fleksibel, ada paket bulanan atau tahunan.

Membuat Akun EmailKerja

Silakan kunjungi emailkerja.id untuk mendaftar dan membuat akun baru di sana. Ada dua paket yang bisa kamu pilih, sistem bayar bulanan dan tahunan. Saran saja, kalau memungkinkan ambil yang tahunan. Selain lebih hemat, paket tahunan juga mengurangi risiko lupa perpanjang di siklus bulanan sehingga alamat email bisa non-aktif.

Gunakan kode kupon KESADISKON untuk mendapatkan benefit khusus saat pembelian paket.

Dapatkan benefit khusus untuk pembelian paket Email Kerja dengan kode voucher ini.

KESADISKON

Menambahkan Domain

menambahkan domain ke emailkerja

Setelah berhasil membuat akun EmailKerja, sekarang kita bisa mulai menambahkan domain yang ingin digunakan sebagai alamat email.

Lakukan verifikasi domain dengan cara memambah record TXT pada pengaturan DNS domain kamu. Penjelasan lengkapnya bisa dibaca di halaman panduan Admin EmailKerja di atau tonton video di bawah ini.

Youtube VideoYoutube Play

Verifikasi Domain dan Bisnis

Langkah selanjutnya adalah pengisian business detail adalah bagian dari verifikasi domain dan bisnis. Tim dari EmailKerja akan memverifikasi data email dan bisnis kamu apakah bisa disetujui atau tidak.

Tujuan utama verifikasi ini adalah untuk menghindari penyalahgunaan email bisnis untuk kegiatan yang merugikan, misalnya broadcast yang bersifat spam dan lain-lain.

Lamanya proses review data veifikasi ini memakan waktu paling lama 48 jam. Jika domain berhasil disetujui, maka tinggal ke langkah selanjutnya yaitu mengarahkan domain ke layanan EmailKerja atau biasa disebut Pointing atau Mapping DNS.

Pointing Domain atau Mapping DNS

Dalam proses pointing domain ke layanan EmailKerja, ada setidaknya 4 DNS records yang harus diisi. Mulai MX, CNAME, SPF hingga DKIM record.

Panduan lengkap pointing domain bisa dilihat di channel YouTube Kirim.Email / EmailKerja.

Youtube VideoYoutube Play

Membuat Alamat Email dengan Domain Sendiri

Di tahap ini, setelah berhasil melakukan konfigurasi domain dan layanan EmailKerja, maka kita tinggal membuat alamat email pertama dengan domain sendiri yang sudah disetting sebelumnya.

Caranya silakan lihat video berkut ini.

Youtube VideoYoutube Play

Percobaan Mengirim Email

Setelah membuat alamat email pertama dengan domain sendiri, sekarang kita bisa coba mengirim email dengan email baru tersebut. Caranya yaitu dengan masuk ke Webmail.

Selengkapnya bisa dengan menonton video berikut ini.

Youtube VideoYoutube Play
Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!