10.10 Deals 3 days lagi

Promo paling SADIS bulan ini!

Ambil Promonya
01 Dec 2022

Manfaat Susu Rendah Lemak Untuk Diet & Kesehatan

Susu rendah lemak untuk kesehatan

Artikel ditulis oleh Kang Akhyar

Disunting oleh Tim Konten Sadiskon


Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!

Susu rendah lemak / untuk diet adalah susu rendah kalori yang sangat terkenal di kalangan pecinta diet. Mereka selalu mengkonsumsi susu rendah lemak untuk diet, demi mendapatkan tubuh ideal.

Pasalnya, jenis susu ini punya kandungan lemak yang lebih sedikit dibanding jenis susu biasa. Sehingga, susu rendah lemak dianggap bisa membantu menurunkan berat badan.

Lho, lagi diet kok malah minum susu?

Ya, mungkin pertanyaan itu masih sering didengar saat kamu melakukan program diet.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, susu jenis ini memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga tidak menyebabkan berat badanmu meningkat.

Selain itu, saat diet biasanya badan lebih mudah merasa lelah, karena kurangnya asupan makanan dalam tubuh.

Dengan meminum susu rendah lemak untuk diet, energi dalam tubuhmu bisa kembali normal. Jadi, kamu bisa beraktivitas seperti biasanya meskipun sedang menjalani program diet.

Perbedaan Susu Rendah Lemak dan Susu Biasa

Dilansir dari berbagai sumber, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara susu rendah lemak dengan susu biasa. 

Perbedaan tersebut biasanya hanya terletak pada persentase atau jumlah lemak yang terkandung di dalamnya. 

Misal : Whole milk biasanya mengandung 3.25% lemak dari total keseluruhan berat susu. Sedangkan susu rendah lemak (low-fat) hanya memiliki kandungan lemak 1-2% saja.

Dari situ bisa kamu lihat berapa selisih lemak dari kedua jenis susu ini, nggak jauh berbeda kan?

Tapi balik lagi ke diri kamu, sedang diet ataupun tidak, dan meskipun perbedaan keduanya cuma sedikit, nggak ada salahnya minum susu rendah lemak agar kamu tidak mendapatkan asupan lemak berlebih.

Manfaat Susu Rendah Lemak

Tahukah kamu, apa saja manfaat susu rendah lemak selain untuk menurunkan berat badan?

Kalau kamu belum tahu, yuk simak berbagai manfaatnya berikut ini:

1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

gigi yang kuat

Seperti yang kamu tahu, susu mengandung kalsium, magnesium dan zat besi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, termasuk susu rendah lemak sekalipun.

Dengan rutin minum susu minimal 2 kali sehari, artinya kamu berkontribusi dalam menciptakan kepadatan tulang dan melawan kerusakan gigi. 

Jadi rutinlah minum susu setiap hari agar masa tuamu tetap memiliki tulang dan gigi yang sehat serta kuat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung

Ilustrasi detak jantung via pixabay

Selain untuk kesehatan tulang dan gigi, ternyata susu rendah lemak juga memiliki kandungan mineral yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantungmu lho.

Hal ini dibuktikan oleh beberapa penelitian pada orang dewasa, yang mengkonsumsi susu 2 gelas atau lebih dalam sehari memiliki resiko penyakit jantung lebih rendah. 

Meskipun penelitian itu masih membutuhkan studi lanjutan, tapi kandungan vitamin D dan K dalam susu dianggap baik untuk jantung.

3. Menurunkan Berat Badan

Timbangan berat badan digital

Dilansir dari beberapa artikel kesehatan, sumber protein dalam susu ternyata bisa membuat rasa kenyang lebih lama. 

Dengan begitu kamu terbebas dari perasaan ingin ngemil atau makan berlebih sebelum waktunya. Alhasil, kamu berpotensi untuk menurunkan berat badanmu lebih mudah.

4. Meredakan Gejala PMS (Pre Menstruasi Syndrom)

Kalender Haid PMS

Buat kamu para ladies, pasti sering tersiksa dengan nyeri perut, perut kembung, pusing, mood swing dan juga cepat merasa lelah saat datang bulan.

Berdasarkan penelitian, konsumsi susu saat haid dianggap efektif mengurangi gejala PMS. 

Meskipun sebenarnya penelitian tersebut belum jelas kelanjutannya, tapi bisa disimpulkan kandungan berbagai nutrisi dan rasa yang lembut pada susu, bisa menenangkan hati dan pikiran saat haid.

Merk Susu Rendah Lemak Terbaik di Indonesia dan Harganya

Jika penasaran ingin mencoba susu rendah lemak untuk mendukung program dietmu, berikut ini kami sajikan daftar 10 Susu Sendah Lemak terlaris di pasaran.

1. Susu Ultra Milk Low Fat HiCal

Rekomendasi Produk
Susu Ultra low fat hi calciumSusu Ultra low fat hi calciumRp 24.000

Sesuai namanya, susu Ultra Milk Low Fat High Calcium adalah susu dengan kandungan lemak yang rendah. Selain itu, susu produk Ultra Jaya ini juga tinggi kalsium yang sangat baik untuk Gigi dan Tulang.

Kandungan lain dalam Ultra Milk Low Fat Hi Cal adalah nutrisi lengkap Vitamin A, Vitamin B ( B1, B2, B6, & B12 ), vitamin D serta Fosfor.

2. Cimory Low Fat

Rekomendasi Produk
Susu cimory rendah lemakSusu cimory rendah lemakRp 7.227

Jika kamu penyuka produk olahan susu, pasti suka dengan merk Cimory. Cimory Fresh Milk Low Fat adalah produk dari PT. Cisarua Mountain Dairy yang mempunyai kandungan 90 kalori per sajian 250 ml.

Manfaat susu rendah lemak dari Cimory Low Fat Fresh Milk ini adalah mampu membantu anda mengontrol berat badan tanpa mengurangi kebutuhan kalsium harian. Selain itu, ada kandungan protein dan karbohidrat pelengkap untuk energi sepanjang hari.

3. Greenfields Low Fat

Rekomendasi Produk
Susu Green Field Low FatSusu Green Field Low FatRp 24.900

Kandungan lemak dari susu Greenfields Low Fat hanya sekitar 1,1%. Jadi sangat rendah untuk membantu mengontrol asupan lemak saat diet.

Kualitas produk Greenfields adalah salah satu yang terbaik di pasar. Dengan ciri khas kemasan berwarna hijau, kamu pasti akan dengan mudah menemukan produk satu ini di showcase supermarket manapun.

4. Frisian Flag Purefarm Low Fat

Rekomendasi Produk
Frisian Flag Purefarm Low FatFrisian Flag Purefarm Low FatRp 19.000

Gak lengkap rasanya kalau membahas produk susu tanpa ada Frisian Flag atau lebih dikenal dengan susu bendera.

Frisian Flag Purefarm Low Fat memiliki kandungan gizi mikro dan makro beragam, sangat baik diminum jika sedang menjalani gaya hidup sehat. Selain itu, produk susu low fat ini mengandung 120 kalori per sajiannya dalam 200 ml atau setara dengan satu gelas.

Itulah ulasan mengenai manfaat susu rendah lemak untuk diet dan juga kesehatan yang dapat kami rangkum. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu punya gambaran mengenai susu untuk diet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Gabung Komunitas di WhatsApp & Sosial Media
Ayo!